“KIHAJAR (GEN KIHAJAR)” SMP NEGERI 2 TARAKAN MELAJU KE BABAK “FINAL”

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Luncurkan KIHAJAR 2020 dengan Format Baru dan berbeda. Lomba Kihajar STEM adalah merupakan wadah ekspolrasi untuk peserta didik agar dapat memiliki ketrampilan berfikir kritis, kreatif kolaboratif dan mampu berkomunikasi dalam menyelesaikan masalah atau project berbasis STEM ( Science Technology Engineering Math)
Peserta yang dapat mengikuti kegiatan Kemendikbud tahunan guna memberikan ruang belajar, adalah peserta didik jenjang SD/MI (kelas atas), SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK di Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri untuk wadah eksplorasi siswa dari berbagai tingkatan sekolah melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM)
Generasi KIHAJAR (GEN KIHAJAR) merupakan siswa yang turut serta dalam kegiatan KIHAJAR, yang tujuan utamanya adalah mengembangkan keterampilan, pengetahuan dan memiliki kompetensi abad 21. Adapun aktivitas Kita Harus Belajar (singkatan dari: KIHAJAR) dilakukan secara daring dengan tetap melibatkan dinas pendidikan di daerah, Telkom, para guru, dan seluruh siswa di Tanah Air.

KIHAJAR STEM dalam pengertian, ini merupakan media sosialiasi produk Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi, selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan literasi, motivasi dan pendidikan karakter dalam wujud kemandirian dan kejujuran.

Pada Hari Minggu, Tanggal 27 Juni 2021 tepat pukul 11.00 WIT, KIhajar STEM dimulai dengan diikuti oleh ribuan peserta Sekolah Menengah Pertama dari seluruh pelosok Negeri. Sebelum mengikuti lomba Kihajar STEM siswa di bimbing secara intensif oleh para Guru-guru bidang studi IPA Matematika dan IPS untuk pelatihan dan pembekalan dalam mengikuti lomba nantinya. Karena Dalam masa Pandemi COVID-19 Lomba Kihajar STEM kali ini dilaksanakan secara Daring atau ONLINE. Dalam Lomba Kihajar STEM kali ini SMP Negeri 2 Tarakan terbagi dalam 4 Team yang masing-masing Team di bimbing 1 orang Guru Pembina.
Tes Kihajar STEM dibagi menjadi 3 Jenis yaitu Tes Bsic, Tes Intermediet dan Final berupa Problem Solving dan tahun ini SMP Negeri 2 1 team masuk ke Final Tk.Nasional dari 4 team.

More to explorer

TEMPAT AWAL PENGABDIAN

Oleh : Nirwana Sebuah desa jauh dari sudut kotaDi kelilingi gunung dan bukit yang indahSiang malam suasana dingin melandahJaket dan kaos kaki

TAK APA-APA JIKA TAK JADI APA-APA

Oleh : Rahmi TAK APA-APA JIKA TAK JADI APA-APAOleh : Rahmi Tidak apa-apa jika tidak jadi apa-apaTidak apa-apa jika tidak punya prestasi