“Meningkatkan Profesionalitas Guru” Melalui Workshop Penelitian Tindakan Kelas

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Tugas guru bukan hanya mendidik dan mengajar saja, tetapi juga harus meningkatkan profesionalitas seorang guru. Oleh karena itu segala bentuk kegiatan dalam rangka mengembangkan diri tersebut wajib diikuti dan dilakukan oleh guru. Adapun salah satu kegiatan yang bisa menjadi wadah bagi guru untuk meningkatkan profesionalitas diri tidak cukup hanya sekedar mengikuti workshop atau pelatihan saja, tetapi guru tersebut juga harus menerapkan dan melaksanakan segala ilmu yang telah diperoleh.

Hal tersebut sejalan dengan kegiatan yang telah dilaksanakan di SMPN 2 Tarakan yaitu Workshop Penelitian Tindakan Kelas dengan tema “Melalui PTK Mewujudkan Terbentuknya Guru Yang Profesional , Menghasilkan Kualitas Pembelajaran Yang Lebih Baik Sehingga Mencapai Hasil Belajar Yang Optimal. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 17 s.d. 18 Desember 2021. Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 WITA ini diisi oleh beberapa narasumber yang mumpuni di bidangnya, diantaranya yaitu Drs. Arifin., M. Pd., beliau merupakan Ketua Jurusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu Universitas ternama di kota Tarakan yaitu Universitas Borneo Tarakan. Sedangkan narasumber lainnya yaitu Rusmiyatun Br Saragih., M. Pd., beliau saat ini menjabat sebagai Pengawas Pembina SMPN 2 Tarakan.

Workshop ini merupakan salah satu program yang telah dirancang oleh SMPN 2 Tarakan dalam rangka peningkatan kualitas guru SMPN 2 Tarakan. Tidak hanya itu, workshop ini pun sejalan dengan telah ditandatanganinya MoU antar Universitas Borneo Tarakan (UBT) dan SMPN 2 Tarakan, yang mana dalam kesepakatan tersebut pihak UBT akan membantu membimbing selama proses pembuatan PTK serta mempublikasikan karya tersebut di jurnal UBT. Tentunya kesepakatan ini menguntungkan kedua belah pihak.

Adapun peserta kegiatan ini adalah seluruh guru SMPN 2 Tarakan. Peserta workshop terlihat antusias sekali, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan – pertanyaan yang diajukan selama narasumber menyampaikan materi serta keaktifan peserta selama kegiatan kinerja yang diberikan oleh narasumber. Hal yang diharapkan dari kegiatan tersebut, guru – guru SMPN 2 Tarakan termotivasi untuk melakukan dan membuat Penelitian Tindakan Kelas yang kelak imbasnya adalah memudahkan guru dalam penilaian kenaikan pangkat serta profesionalitas guru pun meningkat.

More to explorer

KEGIATAN VAKSINASI MASAL di SMP NEGERI 2 TARAKAN

Vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu upaya atau ikhtiar pemerintah Indonesia dalam menangani masalah pandemi Covid-19. Vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok